Diklat FPP tingkat muda 2012

Program Magister Ekonomi Terapan sejak tahun 2006 telah dipercaya oleh Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) untuk menyelenggarakan program non-gelar Diklat Pejabat Fungsional Perencana (PFP). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas perencana di Indonesia.

Jadwal Diklat

26 November 2012 – 21 Desember 2012

Tempat Penyelenggaraan Diklat

Gedung Magister Ekonomi Terapan
Fakultas Ekonomi Unpad
Jalan Cimandiri No. 8
Bandung JAWA BARAT

Tempat Penginapan Peserta

Grha Ciumbuleuit
Jl. Ciumbuleuit No. 156
Bandung JAWA BARAT

n.b : check-in bisa dilakukan mulai hari minggu tanggal 25 November 2012 pukul 15.00 WIB

Fasilitas

Fitness center, Gratis Laundry (max 4 potong)

Informasi yang Perlu Diperhatikan

A. Registrasi peserta

  • 1. Bagi yang menginap di penginapan, panitia menyediakan transportasi pada pukul 06.30 (pada hari pertama), jadi para peserta yang menginap di Grha Ciumbuleuit diharapkan telah siap sebelum pukul 06.30.
  • 2. Registrasi dilaksanakan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2012 Jam 07.00 WIB di Gedung FE Jl. Cimandiri No.8 Bandung.
  • 3. Peserta menyerahkan Surat Tugas dari instansi masing-masing.
  • 4. Peserta menyerahkan Form kesediaan mengikuti diklat ditandatangani di atas materai.
  • 5. Membawa foto 4×6 atau 3×4 1 buah.

B. Pembukaan dan Pelaksanaan Diklat

  • 1. Pembukaan Diklat dilaksanakan pada hari Senin, 26 November 2012 Jam 07.30-08.00 di Gedung FE Jl. Cimandiri No.8.
  • 2. Selama Diklat, peserta menggunakan pakaian sopan dan rapi serta mentaati ketentuan yang berlaku.
  • 3. Selama Diklat, panitia menyediakan layanan antar-jemput dari/ke tempat penginapan-tempat pelatihan, khusus untuk yg menginap di tempat penginapan.
  • 4. Panitia tidak memberikan uang saku maupun uang transportasi dari/ke tempat asal peserta.

INFORMASI

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi

Sekretariat MET FE UNPAD
Jl. Cimandiri No.8 Bandung 40115
Tlp. +62 22 4230249, +62 22 76063950
Fax. +62 22 4220981
Email: met@fe.unpad.ac.id
www.met.fe.unpad.ac.id


Jadwal Diklat FPP muda 2012


http://met.fe.unpad.ac.id/uploaded/jadwalfpp2012.pdf

Selengkapnya untuk keperluan print-out, jadwal diklat fpp ini dapat di download disini : Jadwal Diklat FPP muda 2012 (pdf, 369 Kb)


Garis Besar Rencana Pembelajaran (GBRP) dan Satuan Acara Pembelajaran (SAP) Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Perencana Tingkat Muda

Download disini GBRP & SAP (pdf,3,6 Mb)


Struktur Kurikulum dan Mata Diklat FPP tingkat Pertama Muda

Materi kurikulum Diklat bagi Pejabat Fungsional Perencana Pertama harus mampu menjawab isu-isu dan tantangan mendatang, menyangkut globalisasi, pembangunan manusia yang berkelanjutan, lingkungan hidup, kesejahteraan masyarakat dan kemiskinan, perencanaan partisipatif (participatory planning) dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Sasaran kurikulum Diklat Fungsional Perencana Pertama pada domain cognitive dan skill difokuskan pada pemenuhan kompetensi menurut pekerjaan perencanaan dan lingkup tanggung jawab Pejabat Fungsional Perencana Pertama. Materi Diklat terdiri atas Muatan Inti dan Muatan Lokal.

Struktur Kurikulum

Kurikulum Diklat Fungsional Perencana Pertama terdiri atas 2 (dua) bagian, yaitu:

1. Muatan Inti, meliputi 76% dari keseluruhan jumlah sesi, terdiri atas kelompok Bidang Kompetensi:
a. Teknis Perencanaan (16 sesi);
b. Spesifik Ekonomi (26 sesi);
c. Spesifik Sosial (16 sesi);
d. Spesifik Spasial (17 sesi);
e. Studi Kasus (12 sesi);
f. dan Uji Kompetensi (4 sesi).

2. Muatan Lokal, meliputi 24% dari keseluruhan jumlah sesi, terdiri atas:
a. Latihan Perencanaan/Planning Exercise (12 sesi);
b. Keterampilan Penunjang (10 sesi);
c. Topik Khusus (7 sesi).

Urutan penulisan bidang di atas tidak menunjukkan urutan penyampaian materi pada jadwal pelaksanaan Diklat.

Mata Diklat, Pokok Bahasan dan Jumlah Sesi

1. Bidang Kompetensi Teknis Perencanaan (16 Sesi)

no Mata Diklat Pokok Bahasan Sesi
1 Sistem Kebijakan Publik Tingkat Dasar 1 Kerangka konseptual penentuan kebijakan publik 2
2 Teknik dan Metode Analisis Kebijakan Publik
3 Kriteria Pemilihan kebijakan publik sampai dengan pemiliham alternatif kebijakan
2 Sistem Perencanaan Pembangunan Tingkat Menengah 1 Kebijakan dan program perencanaan pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang 2
2 Tujuan-tujuan realistis dalam perencanaan pembangunan
3 Perencanaan Strategis
4 Teknik-teknik analisis perencanaan pembangunan
3 Sistem Pengelolaan Pembangunan Tingkat Lanjutan 1 Kebijakan dan program pengelolaan pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang 2
2 Penyusunan APBD dan APBN
3 Teknik-Teknik Analisis Pengelolaan Pembangunan
4 Sistem Pemantauan Pembangunan Tingkat Menengah 1 Metodologi pemantauan perencanaan nasional, regional dan lokal 4
2 Program dan Kebijakan pemantauan jangka pendek, menengah dan panjang
3 Memahami teknik-teknik analisis pemantauan perencanaan pembangunan
4 Penyusunan standar operasional prosedur pemantauan perencanaan pembangunan
5 Sistem Evaluasi Pembangunan Tingkat Menengah 1 Metodologi Evaluasi perencanaan nasional, regional dan lokal 2
2 Program dan kebijakan evaluasi jangka pendek, menengah dan panjang
3 Memahami teknik-teknik analisis evaluasi perencanaan pembangunan
4 Penyusunan standar operasional prosedur evaluasi perencanaan pembangunan
6 Kepemimpinan Lanjutan 1 Bagaimana memberdayakan sumber-sumber daya manusia dengan baik 2
2 Bagaimana pemberdayaan berjalan dalam masyarakat
7 Etika Perencanaan Lanjutan 1 Hubungan timbal-balik antara etika dan perencanaan 2
2 Strategi penerapan etika dalam perencanaan pembangunan
Jumlah Sesi 16

2. Bidang Kompetensi Spesifik Ekonomi (26 Sesi)

no Mata Diklat Pokok Bahasan Sesi
1 Variabel Ekonomi makro 1 Perhitungan Pendapatan Nasional 2
2 Inflasi dan Pengangguran
2 Analisis Konseptual Ekonomi Makro 1 Bentuk Neraca makro: PDB, APBN, Neraca Pembayaran/Perdagangan 3
2 Keterkaitan Antar Neraca
3 Analisis Lingkungan Makro 1 Globalisasi dan Kebijakan publik 10
2 Kerjasama Regional, baik multilateral, bilateral maupun regional
3 Keuangan Internasional
4 Kerjasama Pemerintah dengan swasta dan lembaga mitra
4 Analisis Potensi dan Kebutuhan Daerah 1 Karakteristik daerah dan pengaruhnya terhadap ketersediaan data 2
2 Indikator Potensi dan Kebutuhan Daerah
3 Peran pemerintah sesuai kondisi daerah
5 Pertumbuhan Daerah 1 Teori pertumbuhan daerah: neoklasik, pertumbuhan endogen, ekonomi geografi baru 4
2 Indigenous Development Inovasi Daerh dan pengembangan UMKM
6 Model Ekonomi 1 Analisis Input-Output Nasional/Regional 5
2 AHP
3 Analisis Manfaat Biaya
Jumlah Sesi 26

3. Bidang Kompetensi Spesifik Sosial (16 Sesi)

no Mata Diklat Pokok Bahasan Sesi
1 Peran Stakeholders dalam perencanaan sosial 1 Peran Pemerintah daerah dalam pembangunan 3
2 Peran stakeholder lainnya (swasta, NGO, dan lain-lain) dalam pembangunan
3 Sinergitas dari stakeholders dalam proses pembangunan
4 Berbagai permasalahan pembangunan yang terkait dengan sinergitas multi stakeholders
5 Membuat Alternatif solusi yang sinergis antara kepentingan masyarakat dan stakeholders terkait
6 Membuat alternatif solusi yang sinergis antara kepentingan masyarakat dan stakeholders terkait
2 Pembuatan Action Plan 1 Membuat Alternatif Solusi berdasarkan skala prioritas masalah 3
2 Membuat analisa SWOT
3 Membuat solusi terbaik
4 membuat Action Plan
3 Prinsip Dasar dan Etika Pendampingan 1 Prinsip-prinsip Pendampingan 2
2 Prinsip-prinsip fasilitasi dalam pembangunan sosial (perubahan dari bawah, penghargaan terhadap potensi masyarakat dan partisipasi)
3 Exit Strategi
4 Proses Crafting Institution
4 Pembuatan Key Performance Index (KPI) 1 Konsep KPI dalam monitoring dan evaluasi 3
2 Pembuatan KPI Generik
3 Pembuatan KPI Spesifik
5 Teknik Fasilitasi 1 Teknik Fasilitasi 2
2 Praktek Fasilitasi
Jumlah Sesi 16

4. Bidang Kompetensi Spesifik Spasial (17 Sesi)

no Mata Diklat Pokok Bahasan Sesi
1 Analisa Perencanaan Berbasis Ruang 1 Sistem kota-kota: Pola Pertumbuhan Kota, Sistem Distribusi Kota-kota, Sistem PErwilayahan Kota, Pola Hierarkhi Kota-kota, Pola Interaksi Anta Kota 4
2 sistem Perwilayahan Ruang: Pola Pertumbuhan wilayah, Penyebaran Wilayah, sistem Pembagian Wilayah, Hierarki Perwilayahan, Interaksi antar Wilayah
2 Rencana Kebijakan & Program Ruang Wilayah dan Kota 1 Menerjemahkan Rencana Kebijakan Ruang Wilayah & Kota, Rencana Kebijakan Sektor PErtanian (Wilayah), Rencana Kebijakan sektor Industri (Perkotaan), Indikasi Program Rencana Wilayah dan Kota, Sistem Angggaran Program Rencana Ruang Wilayah & Kota 6
2 Rencana program indikatif Ruang: Konsep & Teknik Dasar Perencanaan Program Indikatif Ruang, proses, pedoman & tata cara penyususnan program indikatif ruang, program indikatif Ruang Khusus Wilayah (Kawasan Industri, Pertanian, Wisata, Pertambangan), Program Indikatif Ruang khusus Perkotaan (Kawasan Pusat Kota/CBD, Jasa/Hiburan, Kawasan Kumuh), Persoalan Penyusunan Program Indikatif Ruang Wilayah dan Kota
3 Dimensi waktu dalam Rencana Ruang Wilayah dan Kota 1 Rencana Umum & Rencana Rinci: Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten, Rencana Tata Ruang Wilayah Kota, Rencana Tata Ruang Kawawsan 7
2 Rencana Jangka Panjang, Jangka Menengah & Jangka Pendek: Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), Rencana Pembangunan jangka Pendek), Rencana Tahunan 3
Jumlah Sesi 17

5 Studi Kasus (12 sesi)
Tujuan pemberian studi kasus adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang aplikasi berbagai teori, konsep, metode dan teknik perencanaan (single stage atau multi stages, integrasi/sintesis) dengan pemaparan dan diskusi kasus/peristiwa nyata (lokal, regional, atau nasional). Materi studi kasus harus diberikan pada semua bidang kompetensi dengan jumlah sesi yang disesuaikan untuk tiap bidangnya
6 Latihan Perencanaan/Planning exercise (12 sesi)
Latihan Perencanaan (Planning Exercise) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan kegiatan penyusunan rencana dan kebijakan. Materi ini diobserikan dalam bentuk latihan penyususnan rencana secara komphrehensif (mencakup seluruh bidang kompetensi)
7 keterampilan penunjang (10 sesi)
Latihan Perencanaan (Planning Exercise) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan kegiatan penyusunan rencana dan kebijakan. Materi ini diobserikan dalam bentuk latihan penyususnan rencana secara komphrehensif (mencakup seluruh bidang kompetensi)
8 Topik Khusus (7 sesi)
Materi ini bertujuan untuk membahas berbagai permasalahan (current issues) yang ada di daerah asala peserta/sekitar tempat pelaksanaan Diklat agar peserta diklat mampu memahami dan mengambil langkah-langkah penyelesaian melalui tahap-tahap perencanaan yang sesuai dengan kompetensinya. Pengajar untuk Topik khusus ini adalah para pakar atau praktisi di bidang perencanaan pembangunan
9 Uji Kompetensi (4 sesi)
Dalam sesi ini, tingkat pengetahuan dan keterampilan peserta untuk memenuhi standar kompetensi sekurang-kurangnya yang dipersyaratkan sebagai Perencana Muda akan dievaluasi secara komphrehensif melalui suatu Uji Kompetensi Perencana Muda
10 Kompetensi Inti / Perilaku
Pelaksana Diklat harus memberikan materi yang berkaitan dengan kompetensi Inti/perilaku sebagaiana dimaksud dalam Bab I butir B.3 dengan cara menyisipkan muatan indikator Perilaku ke dalam materi Diklat, termasuk dalam diskusi, latihan perencanaan (Planning Exercise), simulasi dan seminar.