Asesmen Lapangan Akreditasi oleh LAMEMBA

Pada hari Selasa dan Rabu pada tanggal 30-31 Februari 2024 telah dilaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi oleh LAMEMBA untuk Program Studi Magister Ekonomi Terapan FEB Universitas Padjadjaran. LAMEMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Adapun tujuan akreditasi tersebut adalah melakukan evaluasi dan menilai secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi untuk menentukan kelayakan program studi dan unit pengelola program studi. Asesmen kecukupan dan asesmen lapangan dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi. Tim asesor yang ditunjuk oleh LAMEMBA untuk asesmen lapangan Program Studi Magister Ekonomi Terapan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran yaitu Bapak Prof.Dr. Samsubar Saleh.,Soc.Sc dari Universitas Gadjah Mada dan Bapak Prof.Dr. Ambiya dari Universitas Lampung.

Asesmen lapangan akreditasi LAMEMBA untuk Program Studi Magister Ekonomi Terapan FEB Universitas Padjadjaran pada hari pertama dilaksanakan pada Selasa, 30 Februari 2024 dihadiri oleh Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas Ekonomi, Pimpinan unit terkait, serta dosen-dosen Program Studi Magister Ekonomi Terapan FEB Universitas Padjadjaran dan Jurusan Ilmu Ekonomi. Sambutan pertama disampaikan oleh Perwakilan Rektor Universitas Padjadjaran Bapak Mohamad Fahmi.,PhD. Selanjutnya, penjelasan dipaparkan oleh Ibu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, S.E., M.Si., C.A. Bapak Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi Kurniawan Saefullah.,M.Ec.,PhD .Selanjutnya, Ketua Program Studi Magister Ekonomi Terapan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Bapak Dr. Bayu Kharisma.,SE.,MM.,ME dengan didukung oleh Tim Akreditasi Program Studi Magister Ekonomi Terapan FEB Universitas Padjadjaran dan Tim dari Lembaga Penjaminan Mutu yaitu Bapak Budi Harsanto, S.E., MM., Ph.D., PGCertHE., FHEA selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu, Bapak Meinanda Kurniawan, S.T, MBusIT., Ph.D Kepala Kantor Internasionalisasi Kantor Internasional dan Kerjasama. Guru Besar Ilmu Ekonomi FEB Universitas Padjadjaran Prof.Dr. Sutyastie S. Remi dan Prof. Dr. Tati Joesron dan para dosen. Kegiatan asesmen lapangan akreditasi LAMEMBA dilakukan dengan memverifikasi bukti-bukti pendukung tambahan yang diperlukan untuk melengkapi dalam dokumen akreditasi (Dokumen Evaluasi Diri dan Dokumen Kinerja Program Studi).

Sesi wawancara dihadiri oleh berbagai perwakilan alumni, pengguna lulusan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Pengguna lulusan yang hadir antara lain dari PJ. Walikota Kota Cirebon, Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana Bappenas (Pusbindiklatren Bappenas), Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Garut, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Bappeda Kabupaten Pangandaran dan Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Pada hari kedua Jumat, 31 Februari 2024 dilakukan peninjauan lapangan untuk melihat kondisi nyata sarana dan prasarana yang ada di Program Studi Magister Ekonomi Terapan FEB Universitas Padjadjaran. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memastikan kebenaran dan kesesuaian informasi yang disampaikan oleh Program Studi Magister Ekonomi Terapan FEB Universitas Padjadjaran kepada LAMEMBA dalam dokumen akreditasi. Besar harapan dari Program Studi Magister Ekonomi Terapan FEB Universitas Padjadjaran dapat meraih akreditasi UNGGUL.